Kamis, 22 September 2011

Representasi Samurai Dalam Film The Last Samurai (Analisis Semiotika Representasi Samurai Dalam Film The Last Samurai)

ABSTRAK

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Konsentrasi Advertising
Toni Raharjo, 20040530276
REPRESENTASI SAMURAI DALAM FILM THE LAST SAMURAI
(Analisis Semiotika Representasi Samurai dalam Film The Last Samurai)
Tahun Skripsi: 2009 + 124 Halaman + 15 Gambar + 11 Tabel
Daftar Kepustakaan: 26 Buku (1985 – 2008) + 12 Sumber Online

Penelitian ini berusaha untuk menganalisis representasi samurai Jepang yang terdapat dalam Film The Last Samurai dan bertujuan untuk mengetahui makna yang tersembunyi di balik tanda-tanda yang terdapat dalam film The Last Samurai, dengan cara menganalisis dan menginterpretasikan simbol-simbol, pesan dan makna yang terdapat di dalam film tersebut. Kerangka teori dalam penelitian ini terbagi kedalam tiga bagian yaitu, grand theory yang menggunakan paradigma interpretatif, middle theory dengan menggunakan tradisi semiotika dalam kajian komunikasi dan komunikasi sebagai proses produksi makna serta applied theories dengan menggunakan representasi, film sebagai media komunikasi massa, film sebagai teks semiotika, mitos sebagai suatu sistem semiotika, serta stereotip dan prasangka. Peneliti menggunakan semiotika sebagai metode penelitian, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teori semiotika Roland Barthes digunakan sebagai alat analisis data untuk menganalisis bagaimana tanda bekerja melalui pemaknaan, kemudian menggunakan konsep Arthur Asa Berger sebagai pendukung untuk melihat dari segi teknis film. Melalui penelitian ini, peneliti berhasil menemukan beberapa hal berkaitan dengan representasi makna atas sosok samurai yang meliputi reprepresentasi samurai sebagai sosok ksatria yang menjunjung tinggi kehormatan, sosok ksatria yag religius, sosok tentara tradisional yang patriotik, kulit putih sebagai sosok samurai sejati. Mitos besar yang terbentuk bahwa seorang samurai merupakan sosok ksatria gagah berani yang menjunjung tinggi kehormatan, rela mengorbankan jiwanya demi mempertahankan prinsip samurai. Adanya mitos dominasi Barat (Amerika) sebagai juru selamat dan pahlawan bagi peradaban dan kemajuan bangsa Jepang memunculkan steeotipe bahwa kulit putih adalah hero (pahlawan) bagi Bangsa Jepang dan kaum samurai.
Kata kunci: Representasi + Samurai + Film + Semiotika







ABSTRACT

Muhammadiyah University of Yogyakarta
Political and Social Science Faculty
Communications Science Departement
Advertysing Concentration
Toni Raharjo, 20040530276
REPRESENTATIONS OF SAMURAI ON THE LAST SAMURAI FILM
(Semiotic Analysis In Representations of Samurai on The Last Samurai Film)
Year of Thesis : 2009 + 124 Page + 15 Image + 11 Table
References : 26 Books (1985 - 2008) + 12 Online Sources

This research is try to analyze the representation of japanesse samurai through The Last Samurai movie and try to understand hidden meanings that existed beyond signs in The Last Samurai movie, where there is done by analyzing and interpreting the symbols, message, and meanings that existed in this movie. The frame of theory which used in this research is divided into three parts, there are interpretive paradigm as grand theory, semiotic tradition as middle theory, and several applied theories, such as concept about representation, movie as mass communication, movie as semiotic text,myth as semiotic system, and stereotype and prejudice. This research is using semiotic analysis as method of research, and literature study and documentation as technique of collecting data. Semiotic of Roland Barthes is the main tool of analysis, that used to analyze how sign work in production meaning process and also the researcher using Arthur Asa Berger concept to shape better this analysis from the technique element of movie. Through this analysis, the researcher got several findings that relate to samurai representation idea. There are, the representation of samurai as hero figure who highly honnor, as a religious hero, as patriotic traditional warior, and the real samurai figure that labelled to white skin figure. The main myth that existed through this movie, including the label of samurai figure that labelled as the real warrior or hero and highly honnor, they willing to die on behalf the principles of samurai. And also there is stereotype myth west domination which labelled to white skin figure who jugde as hero for japanesse and the samurai it self, because they often judge as hero for the civilization and development for japanesse people.    
Key Words : representation + samurai  + movie + semoitic      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar